RESENSI NOVEL R (RAJA, RATU DAN RAHASIA)


RESENSI NOVEL R ( RAJA, RATU, dan RAHASIA)
Judul                           : R ( Raja, Ratu, dan Rahasia)
Pengarang                   : Wulanfadi
Penerbit                       : Best Media
Tahun Terbit                : Cetakan Pertama, April 2016
  Cetakan Kedua, April 2016
  Cetakan Ketiga, Mei 2016
  Cetakan Keempat, Juni 2016
Jumlah Halaman          : 388 halaman
ISBN                           : 978-602-6940-26-1
Harga                          : Rp 85.000

            Jengkel, Bunda memutar bola matanya, “ Untungnya Bunda tahu sekarang. Kemarin Bunda dikasih tau ada beasiswa di Paris. Ada saudara Bunda juga di sana yang bisa jaga kamu. Gimana, kamu mau ?”
            Raja sejenak berpikir. Beasiswa sudah tentu hal yang Raja inginkan. Namun, ia tidak yakin mengenai nilai-nilainya yang standar di sekolah. Satu-satunya hal yang bisa Raja usahakan adalah menabung uang untuk ke luar negri.
            “ Bunda bisa bantu,” sergah Bunda cepat ketika melihat wajah Raja. “Nilai-nilai kamu memang standar, namun kamu pintar ngomong di depan.
            “ Pinter ngomongnya, ‘kan, kalo nggak ada yang dengerin.”
            “ Bunda dengerin, lho. Kamunya aja yang nggak nyadar.”
            “ Tapi, Bun...,” sergah Raja lagi, namun ia urung untuk meneruskan.
            Bunda selalu mengerti Raja, “ Soal Ratu, ya ?”
            Raja tersenyum kecil dan mengangguk.Sebenarnya, niat pergi meneruskan pendidikan di luar negri sudah bercokol lama di kepala Raja. Namun itu sebelum ia bertemu Ratu, sebelum gadis itu berhasil membuat keputusan-keputusan Raja yang telah pasti kini ia ragukan.
            “ Itu pilihan kamu,” ucap Bunda, “ Apapun pilihan kamu nantinya, Bunda harap kamu nggak nyesel.”
            Lama Raja terdiam, lalu ia mengangguk pelan dan bangkit berdiri. “ Pergi dulu, ya, Bun.”
            “ Salam buat Ratu.”
            Raja hanya nyengir.
            Persimpangan takdir itu pasti memiliki alasan tertentu, dan Raja ingin mencari tahu.Sebentar saja, bersama Ratu.
-          Kebersamaan ini membagi rasa bahagia dan berharap hari esok menjadi lebih baik –

Membaca novel ini seakan akan saya sedang menaiki wahana Tornado, yang di awal membuat jantung saya berdegup kencang, lalu berteriak di tengah ketakutan namun berakhir bahagia di kala tornado itu berhenti. Persis seperti kebahagian yang dirasakan oleh para tokoh di novel ini.
Wulanfadi, seorang remaja yang sebentar lagi melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, telah berhasil menulis sebuah cerita yang bisa membuat para pembaca berdecak kagum.Meskipun cerita di novel ini berlatarbelakang SMA seperti novel A karya Wulanfadi sebelumnya, novel ini terasa lebih mellow dibanding novel A. Penulis telah menceritakan sosok Ratu yang berubah setelah kepergian kedua orang tuanya, namun tetap dia jalani dengan lapang dada.Ratu membuat keputusan berat dalam hidunya.Disini pula, Ratu mengenal sosok Raja yang humoris, tegas, namun memiliki rasa gengsi yang tinggi mempunyai rahasia besar.
Sejak prolog, saya sudah dibuat penasaran dengan alur cerita novel ini.Ada banyak pertanyaan yang muncul di benak saya sehingga saya ingin menyelesaikan novel ini dengan cepat.Mengapa Raja harus menjaga Ratu ? Mengapa sikap Ratu kepada Raja berubah ? Apa itu komplotan Rahasia dan Mengapa Raja sangat kecewa ketika mengetahui bahwa Ratu bergabung dengan komplotan rahasia ? Mengapa Raja selalu mengirit uang jajan dari Bunda ?. Satu persatu pertanyaan yang ada di dalam benak saya terkumpul, namun ada satu hal yang membuat saya sangat gemas ketika membaca novel ini; karakter tokoh utama.
Wulanfadi telah berhasil menuliskan cerita dengan berbagai problem yang dialami oleh para tokoh dengan diksi menyenangkan untuk dinikmati, alur cerita yang cepat namun maju mundur membuat saya seakan ikut berperan dalam permainan cerita ini, dan tentunya mudah untuk dipahami.
Dari cerita ini, saya mendapat pelajaran kehidupan yang sangat banyak. Dari Ratu, saya bisa melihat sosok yang sangat kuat dalam menghadapi berbagai permasalahan ketika dia baru saja merasakan kebahagiaan. Bagaimana jika Ratu itu adalah saya ? belum tentu saya sekuat Ratu.Ratu mengajarkan bahwa kebahagiaan bisa didapat dengan banyak cara tanpa kita sulit mencarinya. Sosok Raja yang bertanggung jawab akan amanah untuknya juga menjadi contoh dalam kehidupan kita. Dari cerita ini pula, kita dapat mengetahui bahwasanya rasa gengsi yang tinggi dapat berpengaruh untuk diri sendiri dan orang lain.
Saya mengacungi dua jempol untuk karya Wulanfadi ini yang telah berhasil menyampaikan banyak ilmu kehidupan di dalam cerita ini. Sekalipun novel ini ditulis oleh anak SMA dan berlatarbelakang kisah anak SMA, novel ini bisa dibaca untuk semua kalangan karena  memiliki banyak pesan di dalamnya.
Saya rasa teman teman akan sangat rugi jika belum membaca novel ini. Jadi, pergilah membeli novel ini dan segera membacanya agar rasa penasaran teman teman terbayar!  Terimakasih untuk teman teman yang sudah membaca resensi saya.Semoga resensi ini dapat membantu teman teman semua.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

ayo belajar balaghoh. "Tasybih Tamtsil"

RESENSI NOVEL “NATHAN DAN LAURA”

ANALISIS MA’ANI ( KALAM INSYA’ THALABI) DALAM KUTIPAN SYAIR KARYA AL BUSAIRI